10 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dan Kering Secara Alami

shares

Kurang percaya diri karena bibir menghitam? Sudah pakaian lipgloss atau lip balm, tetapi warna bibir tetap hitam? Lipgloss atau lip balm hanya dapat digunakan untuk melembabkan bibir agar tidak kering. Namun, kedua pelembab tersebut tidak bisa mengembalikan warna bibir yang menghitam. Bibir yang menghitam dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok atau penggunaan lipstik yang kurang sesuai. Kandungan nikotin di dalam rokok dapat menyebabkan pigmen melanin bibir menjadi tebal dan menghitam. Selain itu, lipstik yang mengandung parafin dan logam berat juga berkontribusi dalam mengiritasi bibir Anda. Alhasil, bibir Anda jadi terlihat hitam dan kering. Solusi utama untuk mengembalikan warna bibir seperti sedia kala adalah berhenti merokok dan gunakan lipgloss berwarna untuk mencerahkan bibir. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan cara mengatasi bibir hitam dengan bahan-bahan alami yang akan Bacaterus bahas di atas. Tapi, sebelumnya ketahuilah beberapa penyebab bibir dapat berubah jadi hitam.

Penyebab Bibir Hitam


1. Matahari Sinar matahari yang terlalu banyak tidak bagus untuk kulit kita. Begitu pula dengan kulit bibir, area ini dapat menghitam jika terpapar sinar matahari terlalu sering. Untuk pencegahan, gunakan lah lip balm yang mengandung perlindungan SPF. 

2. Bibir Kering Selain SPF, yang diperlukan bibir adalah pelembab. Karena, bibir yang kering dapat memicu kulit pecah-pecah. Jika bibir pecah-pecah ini dicabuti oleh Anda (baik sengaja atau pun tidak), bisa-bisa bibir Anda jadi menghitam, loh. Makanya, gunakan pula lip balm atau lip butter yang kandungan kelembabannya lebih tinggi. 

3. Menggigit Bibir Seperti pada poin nomor 2 di atas, mencabuti kulit bibir dapat menyebabkan bibir menghitam. Begitu pula dengan menggigit bibir. Orang yang menggigit bibir biasanya tidak sadar karena kebiasan atau karena sedang nervous. Gigi merupakan tulang yang sangat kuat dan tajam. Kulit bibir Anda bisa terangkat dan parahnya bibir Anda dapat sobek dan berdarah jika digigit terlalu kencang. Makanya, hindarilah kebiasaan menggigit bibir seperti ini. 

4. Rokok dan Kafein Sudah bukan rahasia lagi kalau perokok aktif pasti bibirnya menghitam. Warna hitam ini merupakan tanda kalau tubuh Anda sudah terperangkap oleh racun dari rokok. Tidak hanya rokok, kafein seperti kopi dan teh juga dapat membuat bibir menghitam. 

5. Lipstik Penggunaan lipstik yang tidak tepat dan waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit bibir menghitam. Beberapa lipstik ada yang mengandung kandungan logam dan paraffin yang kurang baik untuk kulit jika dipakai terlalu lama. Untuk itu, pastikan lipstik kesayangan Anda terbebas dari bahan yang bisa membahayakan diri Anda suatu saat nanti. 

Setelah mengetahui beberapa penyebab bibir menghitam, sekarang Bacaterus akan memberi tahu Anda cara mengatasinya secara natural. Yuk, disimak!
1. Oleskan Ramuan Air Mawar


Anda tidak perlu membuat air mawar sendiri karena air mawar ini dapat diperoleh di toko kosmetik atau supermarket terdekat. Selain wangi, perawatan dengan air mawar dapat menjadi cara agar bibir tidak hitam dan terlihat kembali merah merekah dan kembali menawan. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan air mawar. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bibir Anda selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih. 

2. Gunakan Perasan Air Lemon


Selanjutnya, ada cara mengatasi bibir kering dan hitam dengan buah berkulit kuning yang satu ini. Lemon memiliki kandungan zat alpha hydroxy acid untuk mengangkat sel kulit mati di area bibir. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon terbukti dapat mencerahkan warna kulit, termasuk bibir. Aplikasikan air perasan lemon di bibir dan sekitarnya untuk membuat bibir hitam kembali berwarna cerah. 

3. Mentimun

Buah yang sering dijadikan lalapan ini tidak hanya dapat memudarkan bekas luka, lho. Mentimun ternyata dapat berfungsi sebagai salah satu cara mengembalikan warna bibir agar kembali cerah dan tidak kering. Campurkan parutan mentimun dengan sedikit air perasa jeruk nipis. Oleskan pada bibir sembari dipijat dengan lembut. Setelah 10 menit, bilaslah bibir dengan air bersih. 

4. Madu


Sejak dahulu kala, madu digunakan sebagai pelembab bibir alami yang ampuh mengatasi bibir kering. Faktanya, madu juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi bibir hitam akibat merokok dan penggunaan lipstik yang kurang benar. Madu dapat membantu untuk meremajakan kulit, khususnya di bibir dan sekitarnya. Cara mengatasi bibir hitam dengan madu sangatlah mudah. Cukup oleskan madu murni di bibir pada saat sebelum tidur malam. Biarkan madu melekat pada bibir agar dapat diserap oleh kulit di area bibir. 

5. Minyak Zaitun

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa minyak zaitun mengandung omega 3 dan antioksidan yang berperan mengangkat sel kulit mati. Oleh karena itu, cobalah cara mencerahkan bibir hitam dengan mengoleskan minyak zaitun di permukaan bibir, maka bibir Anda akan nampak kembali cerah alami. 

6. Lidah Buaya


Aloe vera memang sering digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Akan tetapi, tanaman berkhasiat yang satu ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan warna bibir yang menghitam. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan di bibir. Namun, Anda harus hati-hati karena gel lidah biaya ini memiliki rasa yang sangat pahit. 

7. Minyak Almond 

Bukankah minyak almond digunakan untuk melembabkan bibir yang kering? Ya, minyak almond memang dapat menjadi lip balm alami untuk melembabkan bibir kering. Nah, kelembaban bibir ini nantinya dapat mengubah warna bibir menjadi lebih cerah dan merah. 

8. Gula Pasir dan Jeruk Limau


Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa fungsi gula pasir sebagai obat untuk menghilangkan bibir hitam secara alami? Gula pasir akan digunakan sebagai scrub. Cukup ambil satu buah jeruk limau dan belahlah menjadi dua bagian. Kemudian, taburkan gula pasir di bagian dalam jeruk limau. Gosokkan jeruk ke bibir untuk mengangkan sel kulit mati. Namun, perlu Anda ingat bahwa cara ini tidak berlaku bila bibir Anda sedang luka atau sariawan. 

9. Alpukat


Kombinasi dari buah alpukat dan minyak zaitun dapat menghasilkan ramuan pencerah bibir yang alami dan cuku ampuh. Cukup gunakan 50 gram alpukat yang sudah dihancurkan, lalu tambahkan 2-3 tetes minyak zaitun. Aplikasikan ke area bibir sembari diberi pijatan ringan. Setelah menunggu beberapa saat, Anda dapat menggunakan air hangat untuk membilasnya. 

10. Mentega


Siapa bilang mentega masuk dalam makanan ‘jahat’ yang harus benar-benar diihindari. Pasalnya, mentega justru dapat digunakan untuk memberi kelembaban pada bibir. Nah, oleh karena itu mentega juga dapat mempercepat proses dalam membuat warna bibir jadi kembali cerah.

Ketika dalam proses pengembalian warna bibir yang hitam menjadi bibir yang berwarna cerah alami, Anda juga harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang tepat, yakni 2-3 liter sehari. 

Bibir hitam dapat menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan dan dapat mengakibatkan dehidrasi. Solusinya adalah cukup konsumsi 2-3 liter air mineral. Bila tubuh terhidrasi dengan benar, maka warna bibir Anda juga akan terlihat kembali cerah. 

Hingga saat ini bibir hitam kerap kali dianggap sebagai pengganggu penampilan. Nah, kembalikan warna bibir Anda agar kembali cerah dan berwarna. Tak perlu melakukan operasi atau menggunakan pengobatan tertentu, karena cara menghilangkan bibir hitam ini bisa Anda lakukan untuk memperoleh kembali warna cerah di bibir. 

Jangan anggap sepele bibir yang menghitam. Segera atasi permasalahan tersebut dengan tepat agar warna hitamnya dapat dapat segera memudar dan bibir Anda kembali masa yang sebelumnya. Di samping itu, hindari penggunaan produk pemutih untuk mencerahkan bibir. Sebagai pengganti, Anda dapat menggunakan salah satu dari cara mengatasi bibir hitam yang ada di atas.

Sumber : bacaterus.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar