Rekomendasi Toner Untuk Pemilik Sensitive Skin

shares

Face toner merupakan produk yang dapat membuat kulit wajah bernafas dengan lebih baik, sehingga kulit wajah menjadi lembut dan tampak lebih sehat. Penggunaan face toner juga dapat membantu penyerapan krim perawatan agar lebih maksimal. Maka tidak heran bila penggunaan face toner kini masuk dalam skin care rutin yang wajib dilakukan. Namun, bila Anda memiliki jenis kulit sensitif, maka kulit Anda akan lebih rentan mengalami iritasi bila terkena bahan tertentu.
Dan tentunya dalam memilih face toner, Anda juga harus ekstra hati-hati memilih yang aman bagi kulit Anda. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih face toner yang aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif serta merekomendasikan produk face toner yang terbaik. Pastikan face toner yang Anda pilih aman untuk kulit sensitif Anda dan sesuai dengan kebutuhan Anda!

Penyebab kulit sensitif

Pada beberapa individu, kulit sensitif didapatkan sejak lahir atau bawaan. Namun, tidak jarang kulit sensitif terjadi saat sudah dewasa karena faktor pemicu. Apa sajakah faktor pemicu yang dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif? Simak penjelasan berikut!

Terganggunya sistem pertahanan kulit

Kulit sensitif terjadi karena terganggunya sistem pertahanan kulit. Beberapa hal yang dapat menyebabkan terganggunya sistem pertahanan kulit adalah paparan polusi dan sinar UV yang terus menerus, kontak dengan bahan kimia tertentu, kurangnya waktu tidur dan juga stres.
Selain itu, nutrisi yang tidak baik dan siklus menstruasi dapat mempengaruhi hormon pada tubuh, yang juga dapat memicu sensitivitas kulit meningkat. Dan bila kondisi kulit sensitif semakin memburuk, alergi dapat muncul pada kulit.
Karena kulit sensitif terjadi akibat terganggunya sistem pertahanan kulit, maka meningkatkan fungsi pertahanan kulit adalah fokus utama dalam perawatan kulit sensitif.

Cara memilih face toner untuk kulit sensitif

Penggunaan face toner bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit. Di sisi lain, jenis kulit sensitif cenderung mengalami kekeringan pada kulit, akibat rusaknya sistem pertahanan kulit. Sehingga, Anda yang memiliki jenis kulit sensitif dianjurkan menggunakan face toner untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit Anda, namun hati-hati saat memilih face toner yang aman untuk kulit Anda ya!
Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih face toner yang dapat membantu mengatasi kerusakan sistem pertahanan kulit pada kulit sensitif.

Pilih kandungan pelembap yang tinggi

Kerusakan sistem pertahanan kulit menyebabkan kulit menjadi kering dan kelembapan pada kulit menurun. Sehingga salah satu cara untuk meningkatkan perlindungan kulit wajah adalah dengan memilih face toner dengan bahan pelembap yang tinggi.
Ceramides, kolagen, hyaluronic acid, asam amino, dan gliserin adalah beberapa contoh pelembap yang biasa digunakan dalam face toner. Anda dapat memilih face toner yang mengandung bahan tersebut, terutama ceramides yang memiliki daya penetrasi tinggi pada kulit.

Pilih kandungan yang tidak memicu iritasi

Selain memperkuat sistem pertahanan kulit, penting juga untuk menghindari bahan-bahan yang keras untuk kulit sensitif dan dapat memicu iritasi pada kulit Anda.
Beberapa jenis kapas juga terkadang mengandung bahan kimia yang dapat memicu iritasi, sehingga lebih baik menghindari penggunaan kapas dan menggunakan tangan untuk mengoleskan face tonerpada wajah Anda.

Hindari bahan aditif

Pada kulit sensitif, mudah terjadi peradangan meski hanya terkena stimulasi yang ringan. Sehingga, lebih baik hindari face toner dengan bahan tambahan seperti wewangian, pewarna, dan alkohol yang dapat memicu iritasi pada kulit sensitif Anda.

Waspadai juga bahan naturalJangan menganggap bahwa semua produk yang memiliki label ‘natural ingredient’ atau ‘organic’selalu aman bagi kulit sensitif Anda. Beberapa jenis mineral oil seperti lanolin dilaporkan dapat memicu iritasi pada beberapa individu.

Bila Anda ingin membeli produk face toner yang belum pernah Anda coba sebelumnya, lebih baik uji cobakan terlebih dahulu pada kulit lengan bagian dalam Anda untuk melihat adanya reaksi iritasi seperti gatal atau kemerahan.

Pilih komposisi yang sederhana

Untuk menghindari bahan yang dapat memicu iritasi, sebisa mungkin pilihlah face toner yang memiliki komposisi sederhana, sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya iritasi. Dan dengan komposisi yang sederhana, bila Anda mengalami iritasi maka akan lebih mudah mengetahui penyebab iritasi pada kulit sensitif Anda, sehingga Anda dapat menghindari bahan tersebut di kemudian hari.
Cara mengetahui komposisi dari suatu face toner adalah dengan melihat daftar kandungan yang tertera pada kemasan atau Anda dapat memeriksa secara online dari website resmi brand tersebut.

10 Rekomendasi face toner untuk kulit sensitif

Berikut beberapa produk face toner yang kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Temukan yang sekiranya cocok untuk kulit sensitif Anda!

10. Wardah Hydrating Toner


Harga : Rp 21.900

Lembut di kulit dan tidak membuat kulit kering

Brand dalam negeri Wardah mengeluarkan face toner dengan formula pH balance dan bebas alkohol, sehingga penggunaannya aman pada kulit sensitif Anda. Dengan kekuatan hidrasi yang ampuh, kulit wajah Anda yang kering akan terasa nyaman dan lembap!
Dengan harga yang terjangkau, produk ini mengandung aloe vera extract yang mudah diserap oleh kulit dan dapat melembapkan sekaligus mengecilkan pori kulit wajah Anda yang kering ataupun normal.

9. The Body Shop Aloe Calming Toner

Harga : Rp 179.000

Khasiat lidah buaya yang menenangkan kulit sensitif Anda!

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sangat sensitif, mungkin Anda dapat mencoba face toner dari The Body Shop ini. Dengan kelembapan dari ekstrak lidah buaya yang berasal dari Meksiko, produk ini dikenal ampuh dalam menenangkan peradangan dan kemerahan pada kulit Anda!
Produk ini diformulasikan khusus bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sehingga bebas bahan aditif bahkan tanpa bahan pengawet lho. Tekstur cairan yang lembut dan juga ringan, menimbulkan rasa segar saat usai menggunakannya! 

8. Dear, Klairs Supple Preparation Facial Toner

Harga : Rp 375.000

Face toner untuk semua jenis kulit!

Dengan kandungan non irritatingsuper hydrating face toner dari Dear, Klairs ini memiliki daya serap tinggi pada kulit sehingga mampu menjaga kelembapan dan juga dapat mencerahkan kulit sensitif Anda. Kemampuan menyeimbangkan pH pada kulit Anda dapat meningkatkan tekstur kulit wajah sehingga wajah akan tampak lebih mulus! 
Uniknya, meski kaya akan kandungan zat pelembap seperti beta glucanproduk ini juga mampu mengatur produksi minyak sehingga dapat digunakan oleh kulit kering maupun berminyak lho!

7. Secret Key Starting Treatment Essence

Harga : Rp 239.900

Melembapkan dan mengurangi kerutan halus pada kulit wajah Anda

Bila Anda ingin mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah sekaligus, Anda dapat memilih face toner dari Secret Key ini karena kandungan ekstrak aneka tumbuhan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah penuaan dini. Selain itu, yeast extract dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah, sehingga kulit wajah Anda akan tampak lebih muda.
Tidak hanya aman untuk kulit sensitif karena berbahan natural, face toner ini juga dapat mengurangi peradangan pada jerawat serta meningkatkan kualitas kulit Anda lho!

6. Hada Labo Gokujyun Hyaluronic Acid Lotion

Harga : Rp 38.900

Kelembapan maksimal pada kulit wajah Anda!

Kandungan kunci dari face toner Hada Labo ini terletak pada hyaluronic acid super yang mampu menyerap cairan dua kali lebih ampuh dari biasanya. Tiga jenis hyaluronic acid yang terkandung pada face toner dari Hada Labo ini, bekerja meningkatkan kelembapan pada kulit serta mengunci kelembapan tersebut sehingga kulit terasa halus, lembut dan senantiasa kenyal! 
Dengan bahan yang aman untuk kulit sensitif Anda, produk ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal dan kering.

5. COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner

Harga : Rp 210.500

Ampuh meredakan iritasi pada kulit sensitif Anda

Kandungan ekstrak daun Centella yang terdapat pada face toner dari COSRX ini didesain khusus untuk menenangkan iritasi terutama pada kulit sensitif, sehingga kulit Anda akan terasa lembut dan nyaman. Dengan mineral water yang berasal dari pulau Jeju, produk ini kaya akan vitamin dan mineral sehingga dapat meningkatkan tekstur kulit wajah Anda.
Selain itu, face toner ini diperkaya dengan kandungan moisturizer yang berkhasiat melembapkan, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering.

4. Nuxe Gentle Toner With Rose Petals

Harga : Rp 225.000

Khasiat air bunga mawar untuk kulit sensitif Anda

Nuxe merupakan natural skin care brand yang dikenal fokus terhadap perawatan kulit sensitif. Produk face toner dari Nuxe ini mengandung rose water atau air bunga mawar yang sering diperuntukkan jenis kulit sensitif, karena dapat meningkatkan revitalisasi dan melembapkan kulit, serta mampu menenangkan kulit dari peradangan.
Meski face toner dari Nuxe ini memiliki aroma bunga mawar dengan alcohol aromatic fragrance, namun bersifat hypoallergenic dan diformulasikan khusus untuk kulit sensitif, jadi Anda tidak perlu khawatir!

3. L’Occitane Shea Butter Gentle Toner

Harga : Rp 90.000

Kulit terasa senantiasa segar!

Shea butter merupakan lemak alami yang telah digunakan berabad lalu oleh wanita di Sub-sahara Africa untuk melindungi dan melembapkan kulit. Sehingga shea butter yang terkandung pada face toner dari L’Occitane ini ampuh untuk menutrisi dan melembapkan kulit sensitif Anda. Selain itu, produk ini juga dapat memperbaiki tekstur kulit wajah Anda.
Bagi Anda yang memiliki kulit kusam dan tampak lelah, produk ini diperkaya dengan air bungacornflower dan orange blossom yang dapat membuat kulit wajah Anda halus dan senantiasa segar!

2. SK-II Facial Treatment Essence

Harga : Rp 505.000

Rasakan kulit wajah yang kenyal dan cerah seketika!

Face toner yang sangat populer dari SK-II ini mengandung pitera yakni bahan alami yang kaya vitamin, asam amino, dan mineral, yang ampuh membuat kulit terasa kenyal dan lembut.
Khasiat pitera juga dapat membantu regenerasi kulit dan membuat wajah Anda tampak bercahaya alami, sehingga setelah menggunakannya, kulit wajah Anda akan tampak lebih muda dan cerah seketika. Cocok bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan kusam!

1. Kiehl’s Calendula Herbal Extract Toner


Harga : Rp 310.000

Face toner bagi Anda yang berjerawat!

Face toner dari Kiehl’s ini mengandung ekstrak dan kelopak bunga calendula di dalamnya, yang berfungsi untuk melembutkan dan memperbaiki tekstur kulit wajah Anda. Selain itu, face toner ini juga diperkaya dengan moisturizer yang mampu menjaga kelembapan pada kulit. 
Dengan kandungan yang aman bagi kulit sensitif, produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, sehingga dapat digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit normal hingga berminyak. Bahkan, face toner ini dapat menenangkan kulit Anda yang berjerawat lho!

Informasi tambahan mengenai kulit sensitif

Kerap kali, banyak wanita merasa memiliki jenis kulit sensitif. Namun, tahukah Anda bahwa wanita dengan kulit sensitif bawaan dari lahir jumlahnya hanyalah sedikit? Ya, sebagian besar kasus kulit sensitif adalah karena dipicu oleh faktor tertentu, seperti stres atau yang paling sering adalah karena kesalahan dalam memilih skin care yang sesuai dengan jenis kulit. Maka dari itu, berhati-hati dalam memilih skin care merupakan langkah yang penting untuk mencegah terjadinya peningkatan sensitivitas pada kulit wajah Anda.
Karena kulit sensitif terjadi karena dipicu oleh faktor tertentu, yang menyebabkan sistem pertahanan kulit Anda terganggu, maka kondisi ini berbeda dengan kulit sensitif bawaan dari lahir. Sehingga dengan meningkatan kelembapan dan kesehatan kulit, serta mengindari faktor yang dapat memicu peningkatan sensitivitas kulit, maka kondisi kulit sensitif Anda kemungkinan besar masih dapat membaik.
Maka, mari mulai sekarang lebih memperhatikan skin care rutin yang Anda gunakan, dan hindari hal-hal yang berpotensi membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif. Dan bila kondisi kulit sensitif Anda tidak membaik dengan skin care yang aman untuk kulit sensitif, maka kami sarankan untuk segera konsultasi kepada dokter kulit untuk pengobatan lebih lanjut.

Kesimpulan

Nah, setelah membaca penjelasan mengenai kulit sensitif dan rekomendasi face toner dari kami, apakah Anda telah menemukan produk yang sekiranya cocok untuk Anda? Mengingat kulit sensitif rentan mengalami kulit kering dan iritasi, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kelembapan dan kesehatan kulit Anda ya!
Sumber : https://my-best.id/

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar