9 CARA MENGHILANGKAN RASA NGANTUK SEHABIS BEGADANG

shares

Content By: DokterBabe
Deretan kesibukan kadang membuat jam tidurmu terpangkas habis, tapi kamu tetap harus fokus bekerja di keesokan harinya. Hadapi kondisi tersebut dengan cara menghilangkan rasa ngantukyang jitu.
Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam per hari agar tetap fit. Kurang tidur hingga insomnia akan menjadikan seseorang lelah, mengantuk, dan kurang konsentrasi. Meski begitu, terkadang ada beberapa saat di mana kamu harus begadang.
Bila situasi tersebut terjadi, inilah beragam cara menghilangkan rasa kantuk berat yang perlu kamu terapkan untuk menjagamu tetap fokus menjalani aktivitas.
1. Berada di Tempat Terang
Tubuh telah terbiasa dengan siklus gelap dan terang. Kondisi gelap merupakan saat istirahat dan terang menjadikanmu terjaga. Oleh karena itu, agar tidak mengantuk, beradalah di tempat yang terang.
Kamu bisa berjalan di bawah sinar matahari saat berangkat kerja. Kondisi tempat kerjamu juga perlu disesuaikan agar terang, misalnya dengan menyalakan lampu atau membuka tirai jendela.
2. Manfaatkan Suhu yang Dingin
Tubuh menjadi lebih terjaga saat lingkungan bersuhu dingin. Cara menghilangkan rasa ngantuk ini bisa kamu terapkan dengan memetik manfaat dari mandi di pagi hari dengan air dingin.
3. Membuat Daftar Kegiatan yang Harus Dilakukan
Kurang tidur menjadikan memorimu terbatas dan sulit fokus. Karena itu, ada baiknya kamu membuat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan pada hari tersebut.
Urutkanlah dari aktivitas termudah. Menyelesaikan tugas satu per satu dengan lebih cepat, dapat menjadikanmu bersemangat dan berenergi untuk melanjutkan ke tugas selanjutnya.
Cara ini akan membantumu mengatur dan membagi waktu dalam jadwalmu, sekaligus memastikan produktivitasmu tetap terjaga.
4. Cobalah Bergerak
Meski lelah, aktivitas otot dapat memperlancar aliran darah sehingga membuatmu awas. Berjalan kakilah saat ke kantor atau melakukan gerakan-gerakan sederhana saat kantuk menyerang. Misalnya berjalanan keliling saat mengangkat telepon.
Tetapi ingat, bila kamu ingin berolahraga sebagai solusi gerakan otot untuk mengatasi kantuk. Lakukanlah di pagi atau menjelang siang. Olahraga mendekati jam tidur justru membuatmu terjaga di malam hari.
5. Perbanyak Minum Air Putih
Dehidrasi adalah faktor lain pemicu seseorang menjadi lesu dan sulit berkonsentrasi. Bila kamu memang kurang tidur, pastikan untuk minum air putih yang cukup agar efek kurang tidur tidak makin parah.
Manfaat minum air putih sangat baik untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Anjuran volume air yang sebaiknya diminum adalah 6 hingga 8 gelas per hari.
6. Mengonsumsi Camilan yang Sehat
Makan memang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk. Namun meningkatnya kadar gula darah setelah makan dapat pula menambah rasa kantuk.
Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih camilan sehat yang akan meningkatkan energimu. Contohnya, buah, yoghurt, kacang-kacangan, serta biskuit gandum. Camilan ini tidak hanya memberikan energi, tapi juga membantumu menjaga kadar gula darah agar tetap normal.
7. Tidur Siang
Tidak ada yang lebih baik untuk menghilangkan kantuk selain tidur. Tidak perlu lama, kamu cukup terlelap selama 15 hingga 20 menit di tengah jam kerjamu. Cara ini akan memberimu energi ekstra sehingga membuatmu kembali terjaga.
Jangan biarkan durasi tidur siangmu terlalu lama karena justru bisa menyebabkan sleep inertia, ditandai dengan kondisi tidak nyaman dan cemas setelah bangun tidur. Hal ini dapat memperburuk kondisimu yang sudah lelah akibat kurang tidur.
8. Minum Kopi
Minuman berkafein seperti kopi bisa memberikan sentakan sementara saat kantuk menyerang. Kantuk bisa berkurang sebab kafein dapat memicu produksi adrenalin dan menghambat zat kimia penyebab kantuk di otak.
Efek terjaga dari kafein akan muncul sekitar 15 sampai 30 menit setelah kamu meminumnya dan dapat bertahan hingga 8 jam kemudian. Untuk Anda yang ingin menghilangkan kantuk sementara, lihat ke bawah untuk berbagai pilihan minuman kopi dari LINE SHOPPING!
Konsumsi kopi juga tidak boleh terlalu banyak, apalagi bila kamu tidak terbiasa meminumnya. Kafein dapat menyebabkan rasa cemas dan gelisah. Cukup konsumsi sekitar 100 mg atau secangkir kopi berukuran kecil.
9. Mendengarkan Musik
Musik juga dapat membangunkanmu dari hipnotis rasa kantuk. Pilihlah jenis musik yang akan membangkitkan semangat dan energimu, misalnya musik rock atau pop.
Namun jangan sampai musikmu mengganggu orang-orang di sekitarmu, ya. Sebagai alternatif, kamu bisa mendengarkannya melalui headphone dan tetap merasakan manfaat musik.
Cara menghilangkan rasa ngantuk ini hanya dapat bertahan sementara. Tidur cukup tetap dibutuhkan supaya tubuh berfungsi dengan normal. Pastikan juga tidurmu nyenyak agar tubuhmu kembali bugar di keesokan harinya!
Sumber : shopping.line.me

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar